Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tentunya akan sangat berbeda dengan kelas tatap muka pada umumnya. Kelas jarak jauh ini mau tidak mau harus dilaksanakan oleh sekolah-sekolah demi mengurangi penyebaran coronavirus disease 2019 atau biasa kita sebut covid-19. Tentunya banyak sekali tantangan yang dirasakan dengan adanya perubahan yang terjadi. Hal yang paling terasa adalah fokus siswa-siswi saat mengikuti kelas PJJ.  Para guru tidak dapat seratus persen mengawasi aktivitas siswa-siswi saat kelas berlangsung. Jika anak-anak tidak fokus pada materi yang harus mereka pelajari, tentunya kelas tidak akan berjalan dengan efektif. 

Meskipun aktivitas kelas sangat terbatas, sekolah harus mencari cara agar kegiatan belajar tetap berjalan lancar. Apalagi kita belum memastikan kapan pandemi ini berakhir dan apa kapan kelas tatap muka akan dimulai kembali. Meskipun di sekolah-sekolah yang telah bekerjasama dengan Websis for Edu dapat memecahkan masalah jarak yang menghambat kelas. Namun, untuk menyempurnakan aktivitas di kelas online sekolah memerlukan cara khusus agar kegiatan belajar tetap efektif. Untuk itu salah satu guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Al Azhar 02 bernama Bu Tati memiliki tips dan trik khusus agar kelas PJJ bisa lebih kondusif.

Tips PJJ Kondusif

Saat interview bersama tim Websis for Edu, Bu Tati menjelaskan apa saja yang beliau lakukan untuk menjaga efektivitas di kelas. Terutama di kelas yang mereka belum pernah bertatap muka sebelumnya. Hal yang perlu dilakukan adalah:

  1. Murid diwajibkan mencantumkan nama lengkap di akun zoom agar lebih mudah dikenali oleh guru maupun teman lainnya
  2. Melakukan presensi pada setiap pertemuan
  3. Menyebutkan nama saat melakukan interaksi seperti bertanya atau mengeluarkan pendapat
  4. Peserta kelas zoom wajib menyalakan kamera. Jika ada kamera yang off maka akan masuk ke waiting room sehingga tidak dianggap mengikuti kelas.

Poin-poin di atas diterapkan setiap adanya kelas di SMA Al Azhar 02. Tidak hanya Bu Tati, namun seluruh guru sudah menerapkannya. Selama beberapa bulan menerapkan PJJ, aturan-aturan tersebut terbukti membuat kelas lebih efektif. Jika kelas bisa efektif maka penyampaian materi dari guru ke murid pun akan lebih mudah. Suksesnya SMA Al Azhar 02 dalam melaksanakan PJJ didukung dengan ekosistem pembelajaran yang sudah lebih maju. Guru, murid dan orangtua siswa merasa beruntung karena SMA Al Azhar 02 sudah selangkah lebih maju dan dapat menyelesaikan masalah yang terjadi di kala pandemi.

 

Ingin tahu berbagai tips dan skenario menarik dalam pembelajaran? Segera konsultasikan bersama kami!