Membaca dan mempelajari Al Quran merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim. Di dalam kitab suci Al Quran tersimpan petunjuk yang pastinya harus dimengerti oleh seluruh muslim. Oleh karena itu kegiatan ini menjadi penting untuk dapat memahami petunjuk yang ada di Al Quran.

Pada program pendidikan sendiri, menghafal Al Quran dengan mutgin atau hafalan yang kuat pada lafazh menjadi salah satu agenda yang dilakukan. Kegiatan menghafal ini juga dilakukan dengan menghafal maknanya dengan kuat sehingga nantinya akan memudahkan dalam menghadapi berbagai masalah di kehidupan. Semua isi dari Al Quran merupakan sebuah kebenaran yang bisa digunakan sepanjang zaman.

Untuk bisa menghafal Al Quran tentunya dibutuhkan hafalan yang ketat. Kegiatan ini biasanya dimulai sejak dini, karena pada umur emas inilah anak bisa dengan mudah untuk mengingat atau menerima ilmu baru. Meskipun demikian, bukan berarti usia dewasa tidak bisa untuk menghafalkan Al Quran. Selama ada kemauan dan usaha pastinya akan tetap bisa untuk dilakukan. Apalagi kini banyak lembaga tahfidz Al Quran yang akan membantu pembelajaran, salah satunya SD Azhari Islamic School Lebak Bulus Jakarta yang mengadakan mata pelajaran Tahfidz Al Quran.

Tahfidz Al Quran

Sumber: canva.com

Tahfidz Al Quran terdiri dari dua kata yang masing masingnya memiliki arti yang berbeda. Kata Tahfidz memiliki arti sebagai menghafal yang berasal dari bahasa Arab, Hafidza yahfadzu hifdzan yang merupakan lawan dari lupa yaitu selalu mengingat dan sedikit terlupa. Menurut Aldul Aziz Abdul Ra’uf menghafal merupakan proses mengulang sesuatu, dilakukan dengan membaca maupun mendengar. Dimana pekerjaan yang selalu diulang akan menjadi hafal.

Kemudian untuk kata kedua yakni Al Quran yang menurut bahasa berasal dari kata qa ra a yang berarti membaca. Ada beberapa pendapat yang berbeda untuk mendefinisikan pengertian Al Quran mengingat fungsi dari Al Quran sendiri. Sehingga bisa diartikan jika Tahfidz Quran merupakan kegiatan menghafal ayat ayat Al Quran. Dalam Al Quran terdapat 30 juz yang harus perlahan dihafalkan kemudian diamalkan dan juga diajarkan.

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari Tahfidz Al Quran, diantaranya:

  1. Dengan mempelajari tahfidz tentunya akan mudah untuk mengetahui isi dan maksud dari kitab suci Al Quran. Sehingga akan memberi manfaat yang banyak bagi kehidupan. Mengingat setiap ayat di dalam Al Quran memiliki kandungan yang baik untuk menjalani hidup baik di dunia maupun di akhirat.
  2. Untuk anak anak yang belajar tahfidz Al Quran tentunya akan bisa melatih sensitifitas pendengarannya. Mengingat apa yang didengar merupakan bacaan bacaan Al Quran yang akan memberikan ketenangan. Sehingga jika diperdengarkan dari usia dini atau dalam kandungan akan membuat perkembangan otaknya berjalan pesat. Ketika ia tumbuh juga bisa memiliki konsetrasi yang kuat. Maka tidak heran jika Tahfidz Quran banyak dipilih untuk pendidikan anak anak.

Tahfidz Quran untuk Gaya Belajar Auditori

Sumber: canva.com

Tahfidz Quran cocok untuk anak tipe auditori yang dominan menggunakan indera pendengaran untuk menangkap informasi. Gaya belajar auditori paling baik menangkap informasi dengan mendengarkannya. Ciri-ciri anak dengan gaya belajar auditori adalah: mengingat informasi dengan cara diucapkan keras-keras, sering membutuhkan penjelasan mengenai sesuatu secara lisan.

Anak dengan gaya belajar auditori memiliki indera pendengaran yang lebih baik dan lebih terfokus. Anak dengan gaya belajar ini mampu memahami sesuatu lebih baik dengan cara mendengarkan. Hal ini berkaitan dengan proses menghafal, membaca, atau soal cerita. Ciri- ciri gaya belajar auditori yaitu:

  1. Memiliki kemampuan mengingat yang baik dari mendengarkan.
  2. Tidak mampu berkonsentrasi untuk belajar jika suasananya berisik.
  3. Senang mendengarkan cerita atau dibacakan cerita.
  4. Suka bercerita dan berdiskusi.
  5. Bisa mengulangi informasi yang didengarnya.

Garageband untuk Kegiatan Tahfidz Quran

Sumber: canva.com

Ketika sedang belajar, terkadang anak melewatkan penjelasan guru. Hal ini membuat anak kurang memahami apa yang telah diajarkan. Oleh karena itu, Pak Hasrul guru yang mengampu mata pelajaran Tahfidz Quran di SD Azhari Islamic School Lebak Bulus Jakarta berinisiatif menggunakan aplikasi Garageband untuk merekam hafalan Quran yang nantinya bisa didengarkan ulang dan ditirukan oleh anak-anak. GarageBand adalah program aplikasi di Apple untuk merekam, menyusun, dan share musik digital.

Ada banyak kelebihan dari aplikasi garageband ini, diantaranya:

  1. Pengguna seperti memiliki studio rekaman dalam genggaman.
    Dengan antarmuka yang canggih dan intuitif, GarageBand memudahkan penggunanya untuk merekam, menyesuaikan, dan mixing. Bisa juga membuat rekaman lengkap menggunakan kombinasi Instrumen sentuh, rekaman audio, dan loop.
  2. Pengguna punya kendali penuh mixing.
    Pengguna dapat memberi sentuhan akhir pada track kemudian rekam setiap ketukan, usapan, dan sentuhan tombol. Gambar dan edit otomatisasi volume untuk kendali presisi rekamannya. Simple EQ dan Compressor membuat rekaman terdengar jelas dan jernih. Untuk kontrol yang lebih detail, dapat juga memanfaatkan 10 efek mixing lagu langsung dari Logic Pro, seperti Visual EQ, Bitcrusher, Vocal Transformer, dan banyak lagi.

Melalui aplikasi ini semua hafalan Quran dapat direkam untuk kemudian didengarkan oleh anak kapan pun mereka butuhkan. Pengaturan suara yang ada di Garageband pun membuat kualitas rekaman menjadi lebih baik. Hasil dari rekaman juga dapat didistribusikan ke berbagai platform dengan adanya aplikasi tambahan. Dengan demikian murid menjadi lebih mudah untuk mengakses materi.

Menarik ya?

Ternyata kegiatan Tahfidz Quran dapat dihadirkan dengan lebih canggih dan menarik dengan adanya sentuhan teknologi. Ingin mengetahui bagaimana penerapan berbagai aplikasi menarik untuk pembelajaran lainnya? Hubungi kami!