Sebagai tenaga pendidik, tugas utama guru adalah memberikan ilmu yang bermanfaat bagi masa depan anak. Di samping itu, seorang guru juga diharapkan mampu memberikan pendidikan moral dan sopan santun kepada anak, membimbing ketika anak mengalami kesulitan dalam proses belajar mengajar, memberikan motivasi belajar, memberikan arahan kegiatan belajar, memberikan fasilitas untuk proses belajar anak, dan sebagai penengah terhadap kesulitan belajar maupun bergaul yang mungkin dihadapi anak di sekolah. 

Selain perannya terhadap murid, guru juga wajib memberikan laporan perkembangan anak kepada orang tuanya dan berdiskusi dengan orang tua jika ada masalah yang berkaitan dengan anak di sekolah. Lebih bagus lagi jika guru juga melakukan kunjungan ke rumah secara berkala agar tahu bagaimana perkembangan anak didiknya di rumah. Jadi bisa disimpulkan guru punya peranan penting bagi perkembangan anak. 

Nah, untuk itu agar guru dapat selalu mengikuti perkembangan murid-muridnya ada baiknya guru juga mengikuti perkembangan tren terutama yang berkaitan dengan tren mengajar di era saat ini yang erat dengan teknologi. Sebagai tenaga pendidik, guru dianjurkan untuk melek terhadap teknologi karena ada banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh guru setelah mengenal dan memakai teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Manfaat yang akan terasa adalah banyak pekerjaan atau tugas guru yang terbantu berkat teknologi. Salah satunya penyampaian materi belajar yang lebih praktis dan atraktif. 

Hal yang sama juga dialami oleh Bu Tiwi Guru SD Al Azhar 17. Bu Tiwi bercerita kalau ia banyak terbantu dalam kegiatan pembelajaran karena adanya teknologi. Sebelum bertemu tim Websis, Bu Tiwi pernah juga membuat video pembelajaran untuk keperluan lomba antar yayasan Al Azhar. Pembuatan video tersebut masih dengan program dan sarana yang terbatas. Nah, setelah bertemu dengan tim websis Bu Tiwi jadi tahu dan paham ternyata ada berbagai aplikasi dan program dari teknologi yang dapat membantunya dalam membuat materi belajar yang lebih praktis dan menarik untuk disampaikan ke anak-anak. 

Dari cerita dan pengalaman Bu Tiwi, kita bisa belajar kalau sebagai pendidik perlu juga untuk terus mengembangkan kompetensi diri salah satunya dengan meningkatkan literasi teknologi yang berhubungan pendidikan dan kegiatan pembelajaran. Semakin meningkat pemahaman dan keterampilan guru mengenai teknologi, semakin meningkat pula dampak baik yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran hingga ke hasil pembelajaran tersebut. 

 

Jika Anda ingin meningkatkan wawasan dan keterampilan mengenai teknologi khususnya untuk kebutuhan pendidikan, segera konsultasikan bersama kami.