Sumber: canva.com, Bamboo Paper Ms. Nabil

 

Kebijakan PSBB semasa pandemi virus corona (covid-19) membuat kegiatan belajar dilakukan jarak jauh (Pembelajaran Jarak Jauh, atau PJJ). Ini tentunya mengubah banyak sekali metode belajar. Dengan guru dan murid tidak bertatap muka langsung, penyampaian materi juga harus diadaptasi. Namun demikian, karena kelas harus tetap berjalan setiap hari. Hampir semua sekolah mengganti sesi tatap muka dengan video meeting (menggunakan Zoom). Ini juga terjadi di Sekolah Menengah Atas Islam (SMAI) Al Azhar 4.

Miss Nabil, salah seorang guru di SMAI Al Azhar 4 mengganti kelasnya menjadi daring sejak pandemi. Kelasnya tertentu berbeda dengan ketika tatap muka. Ms. Nabil memerlukan media ajar agar murid dapat menerima materi dengan baik. Di kelas daring, menggunakan papan tulis tidak efektif bagi Ms. Nabil dan muridnya. Ukuran papan tulis relatif besar, sementara layar Zoom terbatas.

Agar tetap berjalan lancar, Ms. Nabil menggunakan aplikasi Bamboo Paper. Bamboo Paper adalah aplikasi buku catatan. Ms. Nabil bisa menulis maupun menggambar bebas langsung di layar iPad-nya: seperti menulis di buku tulis, atau dalam hal ini, seperti menulis di papan tulis. Di kelas Zoom-nya, Ms. Nabil bisa menayangkan layar Bamboo Paper-nya (menggunakan fitur share screen aplikasi Zoom). Sekarang, Bamboo Paper menjadi papan tulis digital yang ideal. 

“Saya nggak perlu bawa banyak spidol seperti saat menggunakan papan tulis karena ada banyak pilihan warna tinta di Bamboo Paper. Saya juga bisa menempel foto/file gambar ke halaman Bamboo Paper ketika saya butuhkan,” ujar Ms. Nabil saat diwawancara Tim Websis. Selain menjadi papan tulis digital, Ms. Nabil juga menggunakan Bamboo Paper untuk membuat video pembelajaran, untuk menjelaskan materi ajar. Cara membuat videonya sangat mudah, seperti Ms. Nabil menggambar sehari-hari di kelas menggunakan papan tulis. Ms. Nabil menulis/menggambar langsung di layar iPad-nya, sambil mengucapkan narasi penjelasan coretan-coretannya. Hasil tulisan dan gambarnya, serta suara Ms. Nabil otomatis terekam. Video sudah siap diterbitkan ke murid.

Saat tatap muka pun aplikasi besutan Wacom ini juga bisa dimanfaatkan. Guru bisa menghubungkan iPad-nya ke proyektor, dan halaman buku Bamboo Paper Ms. Nabil akan tampil di layar, seperti papan tulis. Sekarang guru jadi punya papan tulis digital. Apakah kelas Anda sudah memanfaatkan aplikasi tersebut? Jika tertarik, dapatkan informasi lebih detil seputar pedagogi dan teknologi di website kami.