Websis Event: Proses Inovasi Pembelajaran dengan Teknologi

Websis for Edu menyelenggarakan acara “TIED (Tech-Inspired Educators): Integrating Technology: Lead or Lost” di Pacific Palace Jakarta pada Maret 2018 lalu, untuk membahas mengenai inovasi pembelajaran dengan integrasi teknologi. Salah satu pembicara memaparkan pentingnya penggunaan teknologi abad ke-21 bagi murid digital natives.

Adi Respati, Head of Edu and Research Websis for Edu dan Certified Educator dari Apple, menyampaikan, tiga tingkat inovasi yang digagas oleh Apple Education: 1) Introduction, 2) Integrating, dan 3) Innovating. Proses ini diawali dengan guru memperkenalkan siswa dengan gaya belajar yang baru, yakni menggunakan teknologi untuk membuat catatan digital, yang dilanjutkan dengan meningkatkan peran guru untuk mampu mendesain proses belajar yang lebih bermakna.

Adi menekankan, untuk memimpin adopsi teknologi dalam kelas, perlu teamwork antara guru dan pemimpin sekolah. Visi baru ini perlu didukung dengan persiapan yang matang, seperti infrastruktur (jaringan internet), bahan ajar, koleksi soal, dan alat belajar. Dan kunci keberhasilan, menurutnya, ada di tangan pemimpin yang mampu membuat visi baru dan siap untuk merealisasikan visinya.

Sementara itu, Firdha Novha, Google Certified Educator, membicarakan tentang tujuan yang ingin dicapai dengan adanya program unggulan ini. Pendekatan mengajar dengan teknologi sesuai dengan gaya hidup digital natives namun guru perlu membimbing mereka agar mereka bisa menjadi warga digital yang memahami digital literacy dan citizenship.

Turut hadir pula, Adinda Bahagiawaty yang membagikan pengalamannya selama mengajar menggunakan teknologi di SMP Soedirman. Ia merasakan manfaat teknologi dalam kelas: cara mengajarnya menjadi lebih kreatif dan murid-murid lebih semangat belajar. Manfaat lain yang cukup signifikan adalah sekarang kegiatan belajar mengajar sudah tidak perlu lagi menggunakan kertas.


Websis for Edu adalah konsultan untuk adopsi dan integrasi teknologi dalam pendidikan.

Dapatkan berita terkini, tips-tips praktis, serta fakta-fakta menarik seputar pendidikan dan teknologi dengan mengikuti channel Telegram @PendidikanAbad21 atau kunjungi websis.co.id jika Anda tertarik mengetahui program Smart Classroom lebih jauh.


Liat informasi lainnya di kanal Pendidikan abad 21 atau tonton video penerapan teknologi dalam proses belajar mengajar di  Websis TV.
All about tech adoption and research.
We help you to integrate technology and research into your organization, empowering your team to become more productive by using mobile technologies.

© 2018. PT. Websis Solusi Indonesia.
All Rights Reserved. Privacy Policy.