Ada pepatah mengatakan, seorang guru dapat menggandeng tangan, membuka pikiran, dan menyentuh hati. Tentu benar adanya, tapi itu bukanlah hal yang mudah. Nasib generasi ke generasi berada di tangan sang pendidik.

Dengan Tema Hari Guru se-Dunia 2018, “Hak Atas Pendidikan berarti Hak untuk Guru dan Tenaga Kependidikan yang Berkualitas”, masyarakat dunia diingatkan bahwa pendidikan yang baik tidak akan dapat tercapai tanpa guru yang terampil dan berkualitas.

Siapa yang harus bertanggung jawab? Pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat yang harus bergerak bersama mengubahnya. Apalagi, di era teknologi informasi seperti sekarang, guru dituntut untuk lebih pintar. Mereka tak bisa lagi mengajar dengan cara tradisional dan monoton. Mereka harus mau membuka mata, belajar, dan terus belajar. Guru kini berpacu dengan waktu dan perkembangan dunia.

Tapi, apakah guru akan terancam dengan teknologi? Teknologi tidak akan dapat menggantikan guru. Tapi teknologi akan membantu guru dalam mengembangkan kualitas diri dan kualitas pembelajarannya. Guru akan menjadi penuntun siswa dalam menghadapi teknologi. Tanpanya, semua tentu akan sia – sia.

Siapkah Anda menjadi guru abad ke-21? Selamat Hari Guru Se-Dunia, Bapak dan Ibu, sang pahlawan tanpa tanda jasa. Tetap semangat!

[plsc_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=3luJ3D0JInQ” width=”700″ height=”400″ autoplay=”no” responsive=”no”]