Sebagai elemen kepemimpinan yang pertama, visi sekolah merupakan pernyataan (1-2 kalimat) yang mengandung aspirasi untuk area pembelajaran, pengajaran, dan lingkungan sekolah. Pengambilan keputusan, perencanaan kegiatan, kesepakatan, komunikasi kepada warga sekolah — semua harus selaras dengan visi sekolah.

Selain kepentingan siswa, faktor teknologi digital juga menentukan visi sekolah karena berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh teknologi. Teknologi lebih dari sekadar akses internet dan sarana pendukung efisiensi — banyak sekali yang bisa diharapkan dari peluang teknologi. Apapun visi Anda, teknologi abad ke-21 bisa digunakan untuk mewujudkan visi Anda.

Pada abad ke-21 ini, mungkin visi baru Anda tidak jauh dari beberapa hal berikut ini:

  • Memberdayakan siswa untuk menjadi problemsolvers dan creators
  • Memberikan pengalaman belajar yang relevan dan menarik
  • Membantu siswa untuk menjadi global citizen
  • Mengembangkan keterampilan siswa untuk menghadapi dunia kerja global

Dengan bantuan teknologi, sekolah sebaiknya memiliki visi untuk mencetak individu-individu yang produktif dan yang bisa memberikan kontribusi dan dampak positif kepada masyarakat. Disinilah sisipan teknologi dapat dipertimbangkan: Apa peran teknologi dalam menginspirasi perkembangan siswa?

Sejauh mana Anda merangkai visi Anda? Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda menentukan peran teknologi untuk area pengajaran, pembelajaran, dan lingkungan sekolah.

  • Apa prioritas Anda untuk pembelajaran, pengajaran, dan lingkungan sekolah?
  • Apakah visi Anda tersampaikan dengan baik kepada seluruh warga sekolah?
  • Bagaimana teknologi bisa mewujudkan visi Anda menjadi kenyataan?
  • Tujuan jangka pendek apa sajakah yang bisa membantu Anda mencapai visi Anda?