Berkenalan dengan Mrs. Qolbi

Mrs. Qolbi dari SD Islam Al Azhar 19 Sentra Primer

Hikmah Qolbi atau Mrs. Qolbi adalah GuruMasaKini yang mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di SD Islam Al Azhar 19 Sentra Primer. Mrs. Qolbi sudah menggunakan teknologi dalam kelas sejak tahun 2018, tetapi masih satu arah sehingga siswa tidak turut memanfaatkan penggunaan teknologi.

Pada tahun 2021, Mrs. Qolbi mulai menerapkan 1:1 iPad di kelas. Penerapan ini memudahkan guru-guru dalam kegiatan mengajar, terutama dalam hal teknis. Penerapan 1:1 iPad juga membuat pembelajaran jadi lebih menarik dan mendukung kreativitas serta meningkatkan semangat anak dalam belajar.

Mendongeng dalam Bahasa Inggris dengan AR Makr

Sebelumnya, Mrs. Qolbi akan menyiapkan video untuk ditampilkan kepada siswa terlebih dahulu. Dengan memanfaatkan template yang disediakan AR Makr, Mrs. Qolbi menaruh karakter-karakter yang sudah ada, merekam video disertai pemberian sedikit motion atau gerakan ke beberapa karakter, dan melampirkan voice over cerita yang dibuat. Ketika ditunjukkan video tersebut, siswa-siswa tampak antusias dan banyak bertanya terkait video dari AR Makr tersebut, seperti: bagaimana caranya? Kok bisa seperti itu? Kok bisa ada unicorn di dalam kelas?

Kemudian, Mrs. Qolbi akan mulai mendemonstrasikan kepada siswa terkait aplikasi yang dipakai, bagaimana cara kerjanya, hingga bagaimana cara menjadikan video. Setelah itu, Mrs. Qolbi mengajak siswa untuk mulai membuat video secara bersamaan. Di meja masing-masing, siswa diberi kebebasan untuk memilih template yang mereka sukai, kemudian mulai merekam dan dibuat video.

Karya AR dari Murid SD Al Azhar 19 Sentra Primer

Mrs. Qolbi juga menginstruksikan tugas yang harus dilakukan di rumah, seperti membuat cerita berdasarkan video yang sudah dibuat bersama-sama tadi, kemudian merekam serta memasukkan voice over cerita tersebut ke dalam video. 

Bila sudah selesai, video-video tersebut dibagikan di kelas untuk mendapatkan umpan balik berupa kekurangan juga hal bagus dalam tugas kali ini agar kedepannya, siswa dapat memperbaiki kekurangan tersebut.

Dampak Penggunaan Teknologi di Kelas

Penggunaan 1:1 iPad di kelas berkontribusi dalam perkembangan kreativitas anak. Dengan penggunaan aplikasi seperti AR Makr, anak tidak memiliki batasan atau halangan untuk menciptakan ide mereka. Selain itu, teknologi juga membantu anak untuk belajar secara mandiri dengan memanfaatkan gadget yang mereka miliki. Bantuan teknologi juga membuat anak mengetahui tugas apa saja yang harus diselesaikan tanpa perlu diingatkan kembali oleh orang tua mereka.

Apa Kata Mrs. Qolbi?

Sebagai pendidik, teknologi bukan hanya berperan sebagai sumber informasi, melainkan sebagai alat pengubah perilaku kita. Teknologi dapat memberi kita banyak informasi penting serta baik, juga melatih kita untuk dapat belajar secara mandiri. Menurut Mrs. Qolbi, penting bagi kita untuk meninggalkan hal tidak baik dari teknologi dan mempelajari, menonton, serta membaca informasi yang bermanfaat untuk kita juga siswa. 

“Untuk menciptakan anak-anak pemimpin masa depan, kita juga harus menciptakan manusia yang berakhlak mulia juga berwawasan global agar tidak tertinggal oleh zaman.”