Teknologi untuk Membangun Karakter Murid

Perkembangan teknologi memberi dampak pada berbagai bidang dalam kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Teknologi memungkinkan guru untuk mengkreasikan media serta cara ajar mereka. Teknologi juga membantu siswa untuk mengakses materi di luar kelas serta memudahkan mereka untuk mengeksplor informasi. Bila dimanfaatkan dengan baik, teknologi dapat menjadi sebuah sarana bagi pendidik untuk membangun karakter positif murid.

 

Sebagai contoh adalah SMP Regina Pacis Bogor yang mengajak murid-murid untuk memaksimalkan penggunaan iPad melalui Projek Penguatan Profil Pancasila. Projek ini dimanfaatkan untuk membangun karakter murid serta mengajak murid untuk belajar menggunakan teknologi yang dimiliki. Dalam projek ini, murid diminta untuk membuat karya orisinal dalam aplikasi yang tersedia pada alat belajar mereka. Karya akhir dari projek ini adalah pameran virtual atau digital dari murid-murid kelas 7.

 

Sumber: instagram @smpreginapacisbogor

Langkah Pelaksanaan Projek

Sebelum mengenalkan aplikasi kepada murid, guru-guru ditantang untuk menunjukkan hasil karya mereka agar dapat menjadi role model serta memotivasi anak untuk turut produktif. Guru juga akan memfasilitasi dan membimbing siswa selama projek ini berlangsung.

Sumber: instagram @smpreginapacisbogor

Pertama-tama, siswa dikenalkan kepada Google Site sebagai media pameran nantinya. Kemudian, siswa belajar terkait Keynote mulai dari fitur yang tersedia, manfaat, hingga fungsi aplikasi tersebut untuk mereka. Dengan aplikasi Keynote, siswa dapat membuat video, komik, dan infografis. Setelah itu, siswa akan diajarkan aplikasi GarageBand untuk membuat musik serta audio. Aplikasi selanjutnya yang dikenalkan adalah iMovie sebagai movie maker. Anak-anak akan belajar untuk membuat storyboard sebelum membuat video. Pada aplikasi iMovie, murid juga akan menggabungkan karya yang mereka buat dari aplikasi Keynote serta musik atau audio dari aplikasi GarageBand.

 

Aplikasi terakhir yang dikenalkan adalah Pages. Setelah mempelajari fitur-fitur aplikasi Pages, siswa dapat memindahkan catatan digital mereka ke dalam aplikasi. Mereka juga dapat membuat anotasi, melampirkan audio serta video, dan mengekspor catatan menjadi epub atau pdf.

Sumber: instagram @smpreginapacisbogor

Karya Akhir Projek

Projek ini mengusung tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” yang akan dibagi ke dalam 7 sub topik untuk 7 kelas, seperti perundungan di dunia maya, sopan santun, dan tata krama. Siswa akan membuat konten orisinal berdasarkan topik yang didapat dalam bentuk video, dan komik. Selanjutnya, karya seluruh siswa dalam satu kelas akan dimasukkan ke dalam Google Site kelas.

 

Adopsi Teknologi

SMP Regina Pacis Bogor memang sudah mengadopsi teknologi dalam pembelajaran sejak awal tahun 2019. Sebelumnya, sekolah sering menggunakan proyektor dan power point sebagai media belajar, meski tak semua kelas memilikinya. Guru-guru pun sudah mengenal Kahoot dan Google Form sebagai media belajar lain. Namun, pengimplementasian 1:1 iPad ini membuat SMP Regina Pacis Bogor mulai menggunakan teknologi secara lebih spesifik.

 

“Murid ini sudah jago banget sama teknologi, mereka lincah, jadi harus dibawa ke produktif.  Sebagai guru, dengan adanya adopsi teknologi ini, lebih ke membekali anak-anak untuk membangun motivasi intrinsik agar produktif dan membangun budaya positif,”ungkap Ibu Nora selaku guru Bahasa Inggris sekaligus Wakasek Bidang Kurikulum SMP Regina Pacis Bogor.