Apa yang muncul di benak Anda ketika mendengar Kebangkitan Nasional? Boedi Oetomo? Kebangkitan Nasional adalah sebuah momentum bangkitnya semangat kepemudaan dan nasionalisme untuk lepas dari penjajahan Belanda kala itu. Pahlawan kita waktu itu punya mimpi untuk mencetak generasi cerdas.

Di abad ke-21 ini, perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadi bagian utama kehidupan masyarakat Indonesia. Visi dari Kebangkitan Nasional adalah mewujudkan Indonesia yang maju dan berkarakter. Untuk memelihara visi tersebut, teknologi juga hadir di bidang pendidikan. Sistem pengajaran tradisional pun perlahan mulai tergeser dengan sistem pengajaran baru berbasis teknologi.

Lewat teknologi, akses infornasi terbuka lebar. Tanpa harus meninggalkan ruang kelas, semua siswa dapat terhubung dengan dunia luar. Visualisasi real-time di pelajaran Geografi dengan Google Earth, misalnya. Atau fitur-fitur aplikasi menarik yang membuat siswa lebih semangat mempelajari PPKN. Atau bahkan siswa dapat dengan mudahnya belajar Sejarah dengan pakar sejarah lewat video conference.

Lalu, siapakah yang jadi teladan di pembelajaran abad ke-21 ini?

Tentunya pemimpin sekolah harus menjadi garda depan dalam mengusung semangat kebangkitan nasional ini. Sudah siapkah para pemimpin sekolah mengadopsi teknologi?


Websis for Edu adalah konsultan untuk adopsi dan integrasi teknologi dalam pendidikan. Dapatkan berita terkini, tips-tips praktis, serta fakta-fakta menarik seputar pendidikan dan teknologi dengan mengikuti channel Telegram @PendidikanAbad21

Tertarik mengetahui program Smart Classroom lebih jauh kunjungi websis.co.id. Apabila ada pertanyaan lebih jauh, silakan klik Contact Us.