Berkenalan dengan Pak Angga
Pak Angga dari SD Al Azhar Syifa Budi Cibubur
Pak Angga adalah #GuruMasaKini dari SD Al Azhar Syifa Budi Cibubur yang mulai menggunakan teknologi dalam pembelajaran sejak tahun 2021 lalu. Menurut Pak Angga, teknologi membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih ringkas dan efektif. Selain itu, teknologi juga membantu murid untuk mempelajari materi secara lebih dalam dan meningkatkan minat belajar murid. Salah satu skenario pembelajaran yang membuat murid antusias adalah gamifikasi dalam pembelajaran.
Belajar Matematika dengan Treasure Hunt
Bentuk skenario gamifikasi pembelajaran yang pernah Pak Angga buat adalah kegiatan Treasure Hunt dalam pelajaran Matematika. Pada skenario ini, murid merasa lebih antusias sebab mereka menyukai tantangan.
Sebelum memulai permainan, Pak Angga membuat rancangannya terlebih dahulu di Keynote dan memberikan aturan bermain kepada anak-anak. Permainan ini dilakukan secara luring di kelas yang sudah disediakan 4 pos berbeda. Pada pos-pos tersebut, akan terdapat soal matematika yang disajikan melalui aplikasi Keynote.
Rancangan Pos Gamifikasi Pak Angga
Bila sudah berhasil menyelesaikan satu soal, murid akan pergi ke pos selanjutnya. Meskipun dilakukan serentak, murid tidak pergi berbarengan karena berdasarkan lamanya murid mengerjakan soal pada pos yang ada. Setelah berhasil menyelesaikan semua pos, Pak Angga akan memberi apresiasi kepada murid dalam bentuk hadiah minuman ringan.
Pemberian apresiasi untuk murid yang berhasil
Dampak Gamifikasi Pembelajaran terhadap Murid
Skenario pembelajaran dengan gamifikasi ini berhasil menantang murid untuk lebih memahami materi yang diajarkan. Terkadang, ada murid yang hanya berhasil sampai pos 2 karena kesulitan mengerjakan soal sehingga ketika mereka melihat murid lain berhasil tiba di pos terakhir, mereka akan merasa tertantang untuk menyelesaikan soal yang ada. Selain itu, gamifikasi juga membuat murid belajar dengan cara yang menyenangkan dan kehadiran tantangan meningkatkan semangat belajar mereka.
Apa Kata Pak Angga?
Perkembangan teknologi tidak bisa terelakkan dan sebagai tenaga pendidik, guru harus meningkatkan diri dalam kemampuan serta pengetahuan terhadap teknologi. Dengan bimbingan tim Websis, Pak Angga sangat terbantu dalam masa transisi gagap teknologi menuju penggunaan teknologi di kelas. Meskipun belum sempurna, Pak Angga sudah merasakan perubahan saat mengajar.
“Guru dan murid harus mengembangkan diri dan sudah siap dengan keterampilan dasar mengenai teknologi. Guru juga harus mampu mendampingi murid agar tidak salah arah dalam eksplorasi menggunakan teknologi, khususnya di dunia pendidikan.”