5 Tips Mengasuh Anak di Era Digital

by

Anak-anak memiliki peluang yang tak terbatas untuk belajar, berkarya, dan berkomunikasi dengan menggunakan teknologi. Dalam memanfaatkan peluang ini, penting bagi orang tua untuk dengan percaya diri membimbing untuk menjamin pengalaman online yang postif bagi anak. Ikuti 6 tips simpel dibawah ini untuk membimbing anak anda di era digital:

1. Komunikasi

Menciptakan komunikasi yang terbuka dengan anak merupakan fondasi dari pengasuhan yang baik. Gunakan waktu bersama anak untuk mengajarkan etika dan tingkah laku digital yang mendorong penggunaan teknologi yang aman dan bertanggung jawab. Momen informal dirumah dapat dimanfaatkan untuk secara inklusif mengajak anak dalam menetapkan peraturan mengenai penggunaan perangkat digital sehari-hari.

2. Cari tahu

Sangat wajar jika anak sebagai digital native lebih familiar terhadap dunia digital dan perkembangan teknologi dibandingkan dengan orang tua yang merupakan digital immigrant. Orang tua bisa mencoba aplikasi, permainan, dan situs web yang biasa digunakan oleh anak. Dengan mencobanya secara langsung anda dapat memahami aktivitas digital anak. Selain itu, anda juga bisa mengeksplorasi tips-tips dan informasi yang tersedia secara online maupun offline mengenai pengasuhan anak di era digital.

3. “Parental Controls”

Manfaatkan fitur-fitur parental controls  yang tersedia dalam perangkat keras maupun perangkat lunak yang anak gunakan untuk menjaga kemaanan digital mereka. Orang tua juga dapat menyesuaikan pengaturan keamaan pada mesin pencari (search engine) yang digunakan anak untuk memonitor aktivitas online mereka.

4. Role model yang baik

Orang tua sudah selayaknya memberi contoh yang baik pada anak baik dalam kehidupan online maupun offline. Peran orang tua tidak hanya menetapkan sistem peraturan dan sanksi, orang tua juga harus “walk the talk”.

5. Have fun!

Last but not least, have fun! Gunakan waktu santai di rumah untuk mengeksplorasi dunia maya bersama anak. Beragam aktivitas seru seperti mengikuti permainan, menonton   video, dan membaca buku interaktif, dapat anda lakukan bersama. Selamat belajar dan bersenang-senanglah dengan anak anda!

If you like this, then please share!